Cari Blog Ini

Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

Kepemimpinan saat ini menjadi topik yang sangat populer, sering ada perdebatan mengenai apakah pemimpin dilahirkan atau dibuat. terlepas dari itu perubahan yang nyata terdapat pada diri kita sendiri.

PEMIMPIN

Seorang pemimpin yang luar biasa dapat memberikan gaya kepemimpinan yang sangat sesuai dalam kebutuhan pada suatu kelembagaan, perusahaan, organisasi bahkan dalam sebuah bangsa dan negara.

Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah, jika kita gambarkan dalam bentuk strata sosial dalam sebuah lembaga/organisasi di lingkungan masyarakat maka sosok seorang pemimpin menempati posisi tingkatan teratas. Seorang pemimpin dipilih berdasarkan tingkat intelegensi, kredibelitas dan kualitas individu yang sangat kuat, yang mempunyai visi dan misi serta tujuan yang sangat mendominasi baik itu di dalam sebuah kelembagaan, perusahaan, organisasi bahkan dalam sebuah bangsa dan negara.

Namun unsur paling umum yang muncul dalam definisi kepemimpinan untuk menunjukkan arah dan mencapai hasil dalam lingkungan yang berubah-rubah.

Berikut 10 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

Meningkatkan Keterampilan Kepemimpinan Anda

Bagaimana anda menggambarkan seorang pemimpin yang tangguh? Dalam satu studi kepemimpinan, kualitas seperti ketegasan, kemampuan beradaptasi, kecerdasan dan kesadaran disebut-sebut sebagai hal yang paling penting.

"Penelitian jelas menunjukkan bahwa pemimpin transformasional - pemimpin yang positif, inspirasi, dan yang memberdayakan dan mengembangkan pengikutnya - adalah pemimpin yang lebih baik," jelas psikolog dan pakar kepemimpinan Ronald E. Riggio. "Mereka lebih dihargai oleh para pengikutnya dan memiliki tim yang berkinerja tinggi."

Jadi apa yang dapat Anda lakukan merangkul karakteristik ini dan menjadi pemimpin yang lebih baik? Pemimpin transformasional biasanya digambarkan sebagai yang antusias, bergairah, asli dan energik. Para pemimpin tidak hanya peduli tapi membantu kelompok untuk mencapai tujuannya, mereka juga peduli untuk membantu setiap anggota kelompok mencapai potensi maksimalnya.

Pertimbangkan beberapa tips berikut untuk mengetahui cara menjadi pemimpin yang lebih baik dan berpikir tentang cara yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Pelajari lebih lanjut tentang Gaya Kepemimpinan Anda

Memahami gaya kepemimpinan Anda saat ini sangat penting. Apa kekuatan Anda? melihat area yang perlu melakukan beberapa perbaikan? Salah satu cara untuk memulai menilai keterampilan Anda adalah untuk mengambil gaya kepemimpinan kuis untuk mendapatkan gambaran umum tentang bagaimana Anda memimpin. Setelah Anda menyelesaikan mengisi kuis, membaca tentang karakteristik utama dari gaya kepemimpinan yang dominan. Apakah kualitas ini membantu atau menghambat kepemimpinan Anda? Setelah Anda menentukan area yang membutuhkan beberapa perubahan, Anda dapat mulai mencari cara untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan Anda.

2. Encourage Creativity (Mendorong Kreativitas)

Stimulasi intelektual adalah salah satu keunggulan dari kepemimpinan transformasional. Pengikutnya perlu didorong untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Para pemimpin yang efektif harus menawarkan tantangan baru dengan banyak dukungan untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satu cara untuk menumbuhkan kreativitas adalah untuk menawarkan tantangan kepada anggota kelompok, memastikan bahwa tujuan berada dalam jangkauan kemampuan mereka. Tujuan dari jenis latihan ini adalah untuk membuat orang melakukan peregangan batasan kemampuan mereka, tetapi tidak usah berkecil hati jika mengalami hambatan untuk sukses.

3. Serve As a Role Model

Pengaruh ideal adalah salah satu lagi dari empat komponen kunci dari kepemimpinan transformasional. Pemimpin transformasional memberikan contoh perilaku dan karakteristik mereka untuk mendorong para pengikutnya. Mereka berjalan-berjalan dan bicara-bicara pada pengikutnya. Sebagai hasilnya, anggota kelompok mengagumi pemimpin ini dan bekerja untuk meniru perilaku tersebut. Jika Anda ingin menjadi pemimpin yang lebih baik, bekerja pada pemodelan kualitas yang Anda ingin lihat dalam anggota tim.

4. Jadilah Passionate

Apakah Anda terlihat kepada seseorang atas bimbingan dan kepemimpinan Anda, jika mereka tidak benar-benar peduli tentang tujuan dari kelompok? Tentu saja tidak! Pemimpin besar tidak hanya terfokus untuk berusaha mengingatkan anggota kelompok untuk menyelesaikan tugas, selain itu mereka harus memiliki semangat yang tulus dan antusiasme untuk proyek-proyek yang dikerjakan. Mulailah dengan memikirkan berbagai cara berbeda yang dapat mengekspresikan semangat Anda. Biarkan orang tahu bahwa Anda peduli terhadap kemajuan mereka. Ketika seseorang berbagi sesuatu dengan anggota kelompok lainnya, jangan lupa untuk memberitahu mereka bahwa Anda sangat menghargai kontribusi tersebut.

5. Dengarkan dan Berkomunikasi secara Efektif

Karakteristik penting lain dari kepemimpinan transformasional melibatkan fokus pada penyediaan komunikasi one-on-one dengan anggota kelompok. Pemimpin yang baik harus mengekspresikan perhatian yang tulus dan kepedulian terhadap anggota kelompok mereka baik secara verbal dan nonverbal. Dengan menjaga jalur komunikasi tetap terbuka, para pemimpin ini dapat memastikan bahwa anggota kelompok merasa mampu memberikan kontribusi dan menerima pengakuan atas prestasi mereka.

6. Have a Positive Attitude (Memiliki Sikap Positif)

Pemimpin transformasional memiliki upbeat, sikap optimistis yang berfungsi sebagai sumber inspirasi bagi pengikut. Jika para pemimpin tampaknya putus asa atau apatis, anggota kelompok cenderung juga menjadi bersemangat. Bahkan ketika hal-hal terlihat suram dan pengikut Anda mulai merasa putus asa, mencoba untuk tetap positif. Ini tidak berarti mengulas sesuatu melalui pandangan suram. Dalam artian ini untuk menjaga rasa optimisme dan harapan dalam menghadapi tantangan.

7. Encourage People to Make Contributions (Mendorong Orang Membuat Kontribusi)

Biarkan anggota tim Anda tahu bahwa Anda menyambut ide-ide mereka. Pemimpin yang mendorong keterlibatan dari anggota kelompok yang sering disebut sebagai pemimpin demokratis atau partisipatif. Sementara mereka mempertahankan kata akhir atas semua keputusan, mereka mendorong anggota tim untuk mengambil peran aktif dalam mendatangkan ide-ide dan rencana. Penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan gaya kepemimpinan demokratis mengarah pada komitmen yang lebih besar, produktivitas pemecahan masalah dan perbaikan yang lebih kreatif.

8. Motivate Your Followers (Memotivasi Pengikut Anda)

Pemimpin transformasional juga memberikan motivasi inspirasional untuk mendorong pengikut mereka untuk masuk ke dalam suatu tindakan. Tentu saja, menjadi inspirasional tidak selalu mudah. Untungnya, Anda tidak perlu pidato motivasi untuk membangkitkan anggota kelompok Anda. Beberapa ide untuk inspirasi kepemimpinan termasuk untuk menjadi benar-benar bergairah tentang ide-ide atau tujuan, membantu pengikut merasa dilibatkan dalam proses dan memberikan pengakuan, pujian dan penghargaan atas prestasi seseorang.

9. Offer Rewards and Recognition (Tawarkan Penghargaan dan Pengakuan)

Seorang pemimpin yang baik tahu bahwa menawarkan pengakuan dan penghargaan yang efektif adalah salah satu cara terbaik untuk membantu pengikut merasa dihargai dan bahagia. Hal ini juga menjadi tidak mengherankan bahwa orang-orang bahagia cenderung berperforma lebih baik di tempat kerja. Menurut peneliti Teresa Amabile dan Steven Kramer, pemimpin dapat membantu anggota kelompok merasa bahagia dengan menawarkan bantuan, menghilangkan hambatan untuk sukses serta tindakan yang nyata dan bermanfaat.

10. Keep Trying New Things (Terus Mencoba Hal Baru)

Siapa bilang kepemimpinan adalah hubungan yang satu arah? Ketika Anda mengupayakan mengasah keterampilan kepemimpinan Anda, jangan lupa untuk melihat ke pengikut Anda untuk feedback an inspiration. Perhatikan hal-hal yang efektif di masa lalu dan selalu waspada terhadap cara baru untuk menginspirasi, memotivasi dan menghargai anggota kelompok.

Pengendalian Diri di Tempat Kerja

Untuk memingkatkan kemapuan dalam karir, diperlikan soft skill seperti meningkatkan kemampuan kepemimpinan. Oleh karena itu, keterampilan kepemimpinan dianggap ciri penting yang dapat membantu Anda mencapai puncak dalam bidang karir.

Sumber : psychology.about.com

Tidak ada komentar: