Cari Blog Ini

TALBIS IBLIS

Kitab Talbis (perangkap) Iblis yg berisi 857 halaman ditulis oleh Imam Ibnul Jauzi atau Abu al-Faraj ibn al-Jauzi (508 H-597 H) adalah seorang ahli fikih, ahli tafsir, ahli tata bahasa, ahli sejarah, pendakwah. Kitab ini sampai sekarang selalu diterbitkan krn manfaat ilmu yg besar di dalamnya dan menjadikan kitab rujukan para ahlul ilmu / ulama di seluruh dunia.
.
Dalam kitab ini diuraikan tentang manusia2 yg SEDANG terjerumus dalam perangkap iblis. Diantaranya adalah : Orang2 yg merasa perbuatannya baik namun tersesat dari jalan yg benar.
.
Orang yg mudah tersesat adalah orang yg awam / bodoh / dangkal ilmu dalam hal agama. Dan kelompok manusia seperti inilah yg mudah masuk ke dalam PERANGKAP IBLIS.
.
CIRI-CIRI MANUSIA YG BERADA DALAM PERANGKAP IBLIS antara lain :
Jika disampaikan firman Allah atau disampaikan hadits yg shahih, hatinya meradang jika apa yg disampaikan itu tidak sesuai dengan AKAL PIKIRAN DAN NAFSUNYA. Kemudian ia mencari2 pembenaran sendiri sesuai dg keinginannya. Dan iblis telah bekerja sehingga ia lupa kalau ia TELAH MENOLAK KEBENARAN. Orang yg menolak Alqur'an dan Hadits sebenarnya ISLAMNYA TELAH GUGUR TANPA IA SADARI. Anehnya ia merasa membela Alqur'an dg cara2 mencontoh cara2 ORANG KAFIR tapi dianggap JIHAD DALAM MEMBELA AGAMA ALLAH.
.
DEMOKRASI adalah produk kafir. Buah DEMOKRASI adalah DEMONSTRASI tapi diganti dg kata AKSI.
.
Berkoar Cinta NKRI dan setia pada PANCASILA. Pedomannya berganti. Padahal semua butiran pancasila ada dalam Alqur'an. Dan apa yg ada dalam Alqur'an dan Hadits mana mungkin tercantum lengkap pada Pancasila.
.
Bila manusia telah masuk dalam perangkap iblis maka ia jadi lupa segalanya bahkan ia lupa klo ia bodoh tapi masih merasa pintar.
.
ORANG YG PINTAR KELUAR DARI PERANGKAP IBLIS
Jika disampaikan petunjuk yg sesuai dg Alqur'an dan Hadits, ia mencoba introspeksi, ia mencoba meneliti, dan jika ia temukan dalil yg shahih kemudian ia istighfar dan bertobat klo ia telah salah jalan.
.
MENASEHATI ORANG YG BERILMU TERSESAT LEBIH MUDAH DARIPADA MENASEHATI ORANG AWAM
Imam Syafe'i berkata "Lebih baik aku berhujjah kepada 100 ulama yg tersesat daripada berhujjah kepada 1 orang awam/orang bodoh dangkal ilmu.
.
Hal ini sampaikan beliau dg KESIMPULAN alasannya adalah bahwa ORANG YG BERILMU JIKA DILURUSKAN KLO IA TERSESAT MAKA LAPANG DADANYA JIKA DINASEHATI, SEDANGKAN ORANG YG BODOH JIKA DINASEHATI MAKA HATINYA MERADANG, MARAH, MENCELA DAN SUKA MENCARI2 PEMBENARAN SENDIRI UNTUK MENUTUP EGONYA.
.
Dan Imam Syafe'i memilih meninggalkan orang tersebut untuk menghindari DEBAT KUSIR karena akan menimbulkan mudhorat yg besar.
.
BUKTI ORANG BERILMU GAMPANG DIINASEHATI
Suatu hari setelah sholat Isya berjamaah di masjid, ada beberapa orang PEMBURU SUNNAH (sebuah sebutan yg saya pake utk mereka yg suka memburu ilmu), mereka berkumpul dipinggir jalan sambil berdiskusi membahas ilmu yg disampaikan seorang ulama besar dari Arab Saudi pd acara Tabligh Akbar di Istiqlal di hari itu. Sebegitu asyiknya mereka sehingga ia lupa klo ia sedang berdiskusi di jalanan.
.
Saat saya keluar dari masjid kemudian saya melihat mereka dan saya menghampiri mereka dan terjadilah dialog.
.
# assalamu'alaikum
@ wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
# diskusi apa nih (sambil tersenyum)
@ gini akhi, kami lagi bahas hadits yg disampaikan syekh Abdurrozaq
# ohh ya.
@ iyaaa akhi (sambil tersenyum)
# Tapi gini lho, jangan smpai lupa bahwa berkumpul di jalanan seperti ini dilarang Nabi shalallahu 'alaihi wasallam. Lupa ya klo serendah2nya iman adalah menyingkirkan duri dari jalanan. Dan termasuk pd tidak mengganggu fungsi jalanan umum.
@ astaghfirullah (serentak mereka istighfar).
.
Salah satu di antaranya berkata : "memanglah ya, syaiton itu sangat licik dan mampu membuat kita lalai dan lupa padahal ana sangat paham dan tahu dg larangan Nabi shalallahu 'alaihi wasallam yg antum sampaikan tersebut".
.
Dan salah satu di antaranya berkata :
"itu lah sebenarnya teman, jika salah dinasehati dan jika lupa diingatkan".
.
Ego mereka hilang karena mereka orang2 yg berilmu meskipun mereka umurnya sebagian di atas 50 th dan adapun yg hampir 60th. Padahal saya baru berumur krg lebih 3,5 lusin. hehehe.
.
MAAF SAUDARAKU INI HANYA TULISAN PAGI. MOHON MAAF BILA ADA SALAH DAN KHILAF.

Kamis, 08 Desember 2016
by : Fkppi Distro

Tidak ada komentar: